Friday, October 28, 2011

Sebuah Artikel mengenai "Sabar"

oleh: Indah Yunitasari

Setiap manusia tentu akan menghadapi cobaan di dalam kehidupan dunia ini. Cobaan datang bisa menimpa kita ataupun keluarga kita. Cobaan itu tantangan yang harus dihadapi dengan kesabaran. Kesabaran diperlukan dalam segala aspek kehidupan kita. Bagi mereka yang tidak sabar, maka siap-siap untuk dikecewakan oleh tindakannya itu. Allah menurunkan cobaan kepada kita, agar Allah bisa menguji iman kita, apakah kita akan sabar ataukah kita akan marah-marah. Setiap cobaan yang menimpa kita pasti ada hikmahnya.

Apabila ada sesuatu yang kita sukai hilang, seseorang yang kita cintai pergi, atau suatu bencana menimpa kita, maka hampir bisa dipastikan bahwa kita akan mengalami kesedihan, kecewa, dan biasanya orang-orang disekitar yang tidak mengalami mengingatkan kita untuk sabar. Sabar menghadapi sakit, menguasai diri karena kekhawatiran dan emosi, menahan lidahnya agar tidak mengeluh, merupakan bekal bagi kita dalam menghadapi perjalanan hidup di dunia. Maka dari itu sabar termasuk dari sebagian iman. Kita harus meyakini bahwa ketika kita bersabar menghadapi cobaan dari Allah,tempat terbaik telah Allah siapkan sebagai penghargaan atas kesabaran kita. Oleh karena itu, kita harus meyakini bahwa segala peristiwa yang menimpa kita berasal dari Allah dan akan sabar menghadapinya.

Di Al-Qur’an banyak surat-surat yang membahas tentang sabar. Al-Qur’an telah mengisyaratkan pentingnya kesabaran itu. Sabar tidak harus dalam hal menghadapi cobaan, tapi bisa juga dalam hal lain. Misalkan sabar agar tidak berbuat maksiat dan sabar dalam menjalankan ketaatan dan mendekatkan diri kepada Allah, dalam menjalankannya pun harus sepenuh hati.

Apabila tidak sabar, maka akan menerima kerugian. Jadi, kita harus bersabar menghadapi apa saja yang diperintahkan Allah, karena dengan bersabar kita akan mendapat hikmah dari sikap sabar ini, misalkan akan mendapatkan pahala. Dengan bersabar, kita juga akan menjadi sukses, ada kata-kata kesuksesan adalah keberhasilan yang tartunda, jadi bila kita bersabar dan tentunya berusaha dan terus mencoba pasti akan meraih hasilnya yaitu kesuksesan. Jadi terapkanlah kesabaran dalam diri kita.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar