Friday, October 28, 2011

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

oleh: Khoiriyah Noviastuti

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu yang utama di Indonesia yang digunakan hampir diseluruh masakan Indonesia. Kandungan kimiawi alami yang terdapat dalam bawang putih ternyata sangat berguna bagi kesehatan kita. Namun, mayoritas penduduk Indonesia tidak mengetahui manfaat kesehatan yang luar biasa dari bawang putih ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang putih:

1. Menyembuhkan Flu dan Batuk

Bawang putih bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit flu dan batuk. Hal ini didasari oleh laporan peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah pada tahun 1992 yang menyatakan bahwa bawang tumbuk dalam minyak bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umum flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya. Selain itu, kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuat bawang putih memiliki bau dan rasa yang khas yang dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous disaluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir.

2. Mengurangi resiko Kanker

Ternyata bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, yang termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker. Bawang putih ini dapat membantu menghindari kanker, hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa risiko terkena kanker di usia tua berkurang sebanyak 50 persen bila mengonsumsi bawang putih secara rutin.

3. Penyakit Jantung

Bawang putih bermanfaat sebagai pembantu penurun kadar kolesterol. Hal ini disebabkan karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah. Menurut penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi bawang putih secara teratur, yaitu sekitar 2-3 siung setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung. Pasalnya bawang putih ini bermanfaat membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung sehingga meminimalkan terjadinya serangan.

4. Mengurangi resiko Kehamilan

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari bawang putih selama kehamilan. Studi–studi mengungkapkan bahwa bawang putih dapat membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Riset yang dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK, menyimpulkan bahwa walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, dengan mengkonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan–kemungkinan komplikasi pada kelahiran. Eksperimen menunjukkan bahwa menambahkan ekstrak bawang putih pada sel–sel plasenta yang kemungkinan menderita kondisi–kondisi tersebut terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan. Lebih jauh lagi, kegiatan enzim–enzim penting yang berkurang pada kehamilan tidak normal juga sangat meningkat dengan diberikannya bawang putih.

5. Meningkatkan Stamina

Setelah dikaji secara mendalam, ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi. Walaupun sebelumnya mereka jarang sekali sakit, tiba-tiba mereka mudah terserang flu, orang – orang seperti inilah yang terutama membutuhkan daya pembangun stamina yang terdapat di bawang putih. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Caranya, bisa kita campurkan dalam olahan masakan kita dan menelannya.

Disamping memiliki manfaat yang begitu banyak namun ada akibat yang dapat ditimbulkan karena mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak, yaitu membuat napas kita menjadi bau. Maka untuk menghilangkannya kita dapat melakukan cara-cara berikut ini :

1. Meminum air teh kental atau kopi setelah mengkonsunsi bawang putih

2. Memakan kulit limau dengan cara dikunyah

3. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telor

4. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu atau dijadikan acar

Disusun dari berbagai sumber

1 comment:

  1. Trims. artikelnya ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan,tentang manfaat bawang putih selamat dan terima kasih.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar