Monday, November 28, 2011

BUKTI PROSES PENCIPTAAN MANUSIA BERDASARKAN AL-QUR’AN

Oleh : M.Arief Ardhanu

Banyak hal di dunia ini yang secara tidak disadari terjadi berdasarkan uraian di dalam Al-qur’an, Salah satu contohnya yaitu proses terbentuknya atau lahirnya manusia. Di dalam ilmu kedokteran, awal terbentuknya manusia itu berasal dari sebuah hubungan anatara seorang laki-laki dengan seorang perempuan.


Setelah hubungan itu terjadi, proses fertilisasi pun mulai terjadi yaitu air mani dari laki-laki yang mengandung sperma akan membuahi oosit yang ada dalam tubuh wanita tersebut. Saat sperma tersebut masuk dalam oosit wanita, oosit wanita tersebut melanjutkan fasenya dari fase metaphase 2 ke fase selanjutnya yaitu fase anaphase 2. Setelah mengalami anaphase 2, oosit tersebut mengalami fase telofase 2 sampai terbentuknya pronuklei jantan dan betina. Setelah terjadi pronuklei tersebut, akan terbentuk zigot yaitu bakal manusia. Dari zigot tersebut, akan terus berkembang menjadi morula, blastula, grastula dan sampai akhirnya mengalami organogenesis dimana akan terbentuk tulang belulang, system syaraf, system pencernaan dan lain lain, dan pada akhirnya akan terbentuk bayi.


Proses terbentuknya manusia ini sangat sesuai dengan nash Al-qur’an yang tepatnya pada surat Al-Mukminun ayat 12-14. Isi dari surat Al-Mukminun ayat 12-14 adalah:


Artinya:

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. [QS. al-Mukminun (23):12-14]


Hal ini merupakan salah satu contoh dari pembuktian-pembuktian tentang kebenaran yang terkandung dalam Al-qur’an, dan berdasarkan uraian di atas telah terbukti bahwa kejadian-kejadian yang ada di dunia ini telah ada penguraian sebelumnya di dalam Al-qur’an. Oleh karena itu, Al-qur’an memang merupakan kitab suci yang diturunkan kepada umat manusia untuk sepanjang masa karena di dalamnya terkandung tidak hanya hukum-hukum Allah, perintah dan larangan, serta janji dan ancaman Allah, namun kebenaran tentang apa-apa saja yang terjadi dunia ini sejak zaman Nabi sampai hari akhir nanti.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

Post a Comment