Friday, October 28, 2011

KEBAIKAN YANG SEMPURNA

postingan oleh: Dina Fahmawati
"Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka dia tidak akan dibalasi melainkan sebanding dengan kejahatan itu. Dan barangsiapa mengerjakan amal yang saleh baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezki di dalamnya tanpa hisab". (QS: 40:40)
Saat kita berada di sebuah hutan, apabila kita berteriak maka suara kita akan terpantul kembali. Peristiwa tersebut dinamakan gema. Apabila kita meneriakkan kata-kata yang baik maka pantulan tersebut juga kata-kata yang baik. Begitu pun sebaliknya.
Peristiwa tersebut layaknya kehidupan kita. Apabila kebaikan yang selalu kita lakukan dalam kehidupan maka dengan sendirinya kehidupan akan memberikan kita kebaikan. Namun jika keburukan yang selalu kita lakukan, dengan sendirinya kehidupan akan membalas keburukan yang kita lakukan.
عن أنس بن مالك قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” إن من الناس مفاتيح للخير مغاليق للشر و إن من الناس مفاتيح للشر مغاليق للخير ، فطوبى لمن جعل الله مفاتيح الخير على يديه ، و ويل لمن جعل الله مفاتيح الشر على يديه “


Dari Anas bin Malik rodhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama bersabda, ‘Sesungguhnya diantara manusai ada yang menjadi kunci-kunci pembuka kebaikan dan penutup keburukan. Dan diantara manusia ada pula yang menjadi kunci-kunci pembuka keburukan dan penutup kebaikan. Maka beruntunglah orang yang Allah jadikan kunci-kunci kebaikan di tangannya dan celakalah bagi orang-orang yang Allah jadikan kunci-kunci keburukan di tangannya”.Diriwayatkan oleh Ibnu Majah (237) dan dihasankan oleh Al-Albany di Shohih Sunan Ibnu Majah (194).

Namun sebelum kita melakukan suatu kebaikan, kita harus sadar bahwa kebaikan yang kita lakukan harus kita niatkan kepada Sang Pemberi kehidupan, Allah Subhanahuwata’ala semata.
Suatu kebaikan tidak akan sempurna tanpa empat hal:

1.
Menganggapnya Kecil
Menganggapnya kecil bukan berarti kita berfikiran bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan tidak akan mendapatkan balasannya.
Allah SWT telah berfirman dalam dua ayat terakhir surat Al Zalzalah:
“ Maka barangsiapa melakukan suatu kebaikan sekecil biji sawi, maka ia akan melihatnya. Dan barangsiapa melakukan suatu keurukan sebesar biji sawi maka ia akan melihatnya”
Sehingga dapat disimpulkan, sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan Allah pasti akan memberi balasannya. Meski tidak secara langsung, di akhirat kelak kita akan merasakannya.
Allah pun telah berfirman, “Tidak ada balasan suatu kebaikan melainkan suatu kebaikan yang serupa”.
2. Menyegerakan melakukannya
Rasulullah SAW bersabda, “Berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan”.
Apabila kita hendak melakukan suatu kebaikan hendaknya kita lakukan dengan segera. Karena dengan begitu, setan tidak bias menghalangi kita untuk tidak melakukan kebaikan tersebut.

3.
Menyembunyikannya
Allah sangat menyukai seorang hamba yang melakukan suatu amalan kebaikan yang dilakukan seorang hambanya secara kontinyu dan tersembunyi.
Suatu kisah dalam surat Al Kahfi, tentang hamba-hamba Allah yang shaleh yang sedang terjebak dalam gua. Saat itu pertolongan dari orang lain tidak bias diharapkan karena keadaan gua yang sangat terpencil.
Dengan penuh pengharapan pertolongan Allah, satu per satu hamba tersebut menceritakan suatu kebaikan yang mereka lakukan yang tidak sda seorang pun yang mengetahuinya. Perlahan-lahan batu yang menutupi mulut gua bergeser. Sehingga mereka dapat keluar dengan selamat.
Dari kisah di atas dapat kita ambil hikmah, bahwa kebaikan yang dilakukan seorang hamba secra tersembunyi akan memberi pertolongan kepadanya.

4.
Sungguh-sungguh dalam beramal
Sebuah pepatah arab mengatakan,”Barangsiapa bersungguh-sungguh makai ia akan mendapatkannya”.
Dalam melakukan kita harus memilii kesungguhan yang kuat dalam hati. Kita niatkan semata-mata hanya karena Allah SWT. Dan kita berusaha melakukian kebaikan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Semoga segala kebaikan yang kita lakukan sudah kita dasari dengan tujuan semata-mata karena Allah. Sehingga dapat menjadi jalan bagi kita meraih kebahagiaan yang kekal di sisiNya. Amiin……

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar